Tuesday, June 5, 2018

Apakah latar belakang pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda?

Apakah latar belakang pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda?


Berikut ini adalah latar belakang pembebasan irian barat dari tangan belanda :

Latar Belakang Pembebasan Irian barat atau latar belakang Indonesia berupaya merebut Irian Barat dari tangan belanda :

  1. Belanda tidak bersedia menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia 1 tahun setelah pengakuan kedaularan Republik Indonesia (berdasarkan hasil KMB) :
  2. Salah satu isi perjanjian KMB (27 Desember 1949) adalah Belanda akan menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia satu tahun setelah pengakuan kedaulatan (tahun 1950), tetapi tidak pernah ditepati Belanda, maka pemerintah Indonesia berjuang dengan segala cara untuk merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda.
  3. Belanda bersikap tidak kooperatif yaitu selalu menunda jalannya perundingan, selalu tidak menepati hasil perundingan, dan mendatangkan pasukan dalam jumlah besar untuk memperkuat kedudukannya di Irian Barat.
  4. Beberapa kabinet pada masa demokrasi liberal yaitu Kabinet natsir, Kabiner Sukiman, Kabinet Ali Sastroamijoyo, dan Kabinet Burhanuddin Harahap dalam melakukan berbagai perundingan dengan Belanda tidak berhasil mengembalikan Irian Barat dari kekuasaan Belanda.

Itulah tadi yang melatarbelakangi perjuangan bangsa indonesia merebut irian barat dari tangan belanda, melalui berbabagi perjuangan seperti diplomasi, konfrontasi militer untuk pengembalian irian barat ke indonesia.