Friday, June 1, 2018

Sebutkan dan jelaskan yang termasuk kedalam komponen abiotik !

Contoh contoh Komponen yang termasuk kedalam komponen abiotik (komponen tak hidup) 

sebutkan dan jelaskan yang termasuk kedalam komponen abiotik !

Sebutkan dan jelaskan yang termasuk kedalam komponen abiotik !

Komponen abiotik terdiri atas :

1. Cahaya matahari
     Cahaya matahari merupakan energi terbesar yang digunakan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.


2. Tanah
     Tanah merupakan habitat makhluk hidup.tanah mengandung mineral-mineral yang dapat diserap tumbuhan untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya.tanah juga  dimanfaatkan hewan sebagai tempat perlindungan diri.


3. Air
     Makhluk hidup sangat bergantung dengan air.Air diperlukan untuk mencegah sel dari kekeringan,oleh karena itu,air merupakan komponen abiotik yang sangat berpengaruh terhadap kalangsungan organisme.


4. Iklim
      Iklim merupakan kombinasi berbagai komponen abiotik pada suatu tempat,seperti kelembapan udara,suhu,cahaya,curah hujan dan lain-lain. kombinasi abiotik ini berkaitan dengan kesuburan tanah dan komunitas tumbuhan pada suatu tempat.


5. Topografi
      Topografi merupakan variasi letak suatu tempat dipermukaan bumi ditinjau pada ketinggian dari permukaan air laut,garis bujur dan garis lintang. Topografi berkaitan dengan  cahaya,suhu,kelembapan,dan keadaan tanah disuatu daerah. Topografi juga berpengaruh terhadap penyebaran makhluk hidup di suatu daerah.


6. Udara
       Udara merupakan komponen utama diatmosfer bumi.udara meliputi nitrogen (N2),oksigen (O2),karbon dioksida (CO2), dan berbagai gas yang lain.Oksigen sangat dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernafas.adapun karbon dioksida (CO2) dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.


Credit: Cindy Putria Shakira