Wednesday, August 8, 2018

Jawaban Essay/Uraian Bab 2 IPA Kelas 9 Halaman 123 (Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan)

B. Uraian
Bab 2 (Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan)
Halaman 123
IPA Kelas 9/IX
Semester 1

Jawaban Essay/Uraian Bab 2 IPA Kelas 9 Halaman 123 (Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan)

1. Jelaskan cara reproduksi tumbuhan secara seksual!
Jawab:
Reproduksi tumbuhan secara seksual/ generatif adalah peleburan dua sel gamet (jantan dan betina) yang menyebabkan terjadinya bayi tumbuhan atau individu baru melalui proses penyerbukan (persarian/ polenasi) dan dilanjutkan dengan pembuahan (fertilisasi).

Bunga mempunyai alat reproduksi yaitu benang sari (jantan) dan putik (betina).
Benang sari menghasilkan serbuk sari, yang mengandung dua sel sperma, sedangkan putik mengandung sel telur.
Biji berkembang setelah terjadi penyerbukan dan pembuahan (peleburan dari gamet jantan dan betina). *Gambar Terlampir

2. Perhatikan gambar berikut!
Gambar Buah Paprika
Siti dan Beni mempelajari tentang tanaman. Menurut Beni berdasarkan gambar paprika tersebut, kedua paprika berbeda jenis karena berbeda warna. Sedangkan menurut Siti kedua paprika tersebut jenisnya sama, paprika merah berwarna merah karena berumur lebih tua dan sudah matang. Menurut kamu, pendapat Siti atau Beni yang benar? Coba uraikan cara yang dapat kamu lakukan untuk membuktikan pendapat yang menurutmu benar!
Jawab:
Pendapat Siti yang benar. Meskipun seperti terdiri dari jenis paprika yang berbeda, paprika merah dan hijau sebenarnya berasal dari spesies yang sama. Tapi karena berbeda dalam teknik panen, maka hasilnya pun berbeda. Paprika hijau dipanen ketika belum sepenuhnya matang. Paprika merah dianggap sebagai paprika matang, karena dipetik hingga saat masa panen. Selain itu juga ada paprika kuning, paprika kuning/oranye dipanen pada tengah masa panen.

3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya? Manakah yang akan cepat berbuah? Kaitkan dengan perbedaan sifat keturunan hasil reproduksi vegetatif dan generatif!
Jawab:
- dengan cara mencangkok (reproduksi vegetatif) akan menghasilkan keturunan yang sama persis,dengan induknya, lebih cepat berbuah
- dengan cara menanam biji ( reproduksi generatif) akan menghasilkan keturunan yang sifatnya bervariasi, lebih lama menghasilkan buah

4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Jika Andi ingin mencegah reproduksi nyamuk yang ada di lingkungan rumahnya, maka pada tahapan manakah yang harus diberi perlakuan oleh Andi? Jelaskan jawabanmu!
Jawab:
Tahapan yang harus diberi perlakuan adalah tahap larva, pada tahap itu, larva nyamuk (jentik2) akan terdapat di genangan2 air. Andi dapat mencegah larva muncul dan berkembang dengan membuang genangan2 air tempat larva berkembang, sehingga nyamuk tidak akan bermetamorfosis hingga sempurna

5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur setiap hari. Telur ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!
Jawab:
Karena ayam petelur tidak dibiarkan kawin dengan pejantan sehingga telur yang dihasilkan tidak berembrio, karena tidak berembrio, telur tak akan berkembang sampai kapanpun menjadi anak ayam dan tak akan pernah menetas.