Thursday, November 29, 2018

Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 3 IPS Kelas 9 Halaman 196 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya)

Uji Kompetensi Bab 3 / III (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat)
Halaman 196
B. Esai/essay/uraian
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas 9 / IX SMP/MTS
Kurikulum 2013 (K13)


Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 3 IPS Kelas 9 Halaman 196 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya)

Baca Sebelumnya :
Jawaban PG Uji Kompetensi Bab 3 IPS Kelas 9 Halaman 194 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya)

B. Esai
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Jelaskan pengertian perdagangan internasional!
Jawab:
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.
__________________________

2. Jelaskan manfaat dari perdagangan internasional!
Jawab:
Berikut adalah manfaat dari melakukan perdagangan internasional bagi suatu negara :

a. Memperoleh Devisa melalui mengekspor suatu komoditas sehingga mendapatkan mata uang asing 
b. Memperluas Kesempatan Kerja melalui kegiatan ekspor
c. Menstabilkan Harga-Harga melalui pengimporan barang
d. Memperluas pasar perdagangan
e. Meningkatkan Kualitas Konsumsi melalui pembelian barang-barang yang belum dapat dihasilkan di dalam negeri atau mutunya belum sebaik produk luar negeri oleh penduduk suatu negara
f. Mempercepat Alih Teknologi yang memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih modern
g. Menambah kemakmuran suatu negara dengan menaikkan pendapatan suatu negara
h. Dapat mencegah terjadinya krisis
i. Mempererat hubungan antar negara
j. Suatu negara dapat mengimpor item persenjataan yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri guna kebutuhan militer
k. Dapat mempererat hubungan politik antar negara sehingga dapat menjalin persahabatan antar negara.
__________________________

3. Jelaskan perbedaan antara proteksi dan kuota impor!
Jawab:
Proteksi adalah perlindungan ekonomi dan produsen dalam negeri dari persaingan barang impor, dengan membatasi atau melarang impor barang produksi dari luar negeri. Proteksi dapat dilakukan dalam bentuk tarif dan non-tarif.

Kuota impor adalah pembatasan jumlah dari barang tertentu yang dapat diimport (didatangkan dari luar negeri). Kuota impor merupakan contoh kebijakan untuk melakukan proteksi yang sifatnya non-tarif.
__________________________

4. Bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia?
Jawab:
  • Menjalin Hubungan Antar Negara Menjadi Lebih Harmonis
  • Memenuhi Kebutuhan Suatu Negara
  • Memperoleh Keuntungan Dari Spesialisasi Barang
  • Memperluas Pasar
  • Menambah Keuntungan dan Devisa
  • Transfer Teknologi Modern
  • Menambah Lapangan Pekerjaan
  • Mencegah Terjadinya Krisis
  • Mendapatkan Barang Dengan Harga Lebih Murah
  • Mendorong Kegiatan Ekonomi dalam Negeri
__________________________

5. Jelaskan pengertian ekonomi kreatif!
Jawab:
Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Konsep ini telah memicu ketertarikan berbagai negara untuk melakukan kajian seputar Ekonomi Kreatif dan menjadikan Ekonomi Kreatif model utama pengembangan ekonomi.
__________________________

6. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengembagkan ekonomi kreatif?
Jawab:
Dengan cara mengembangkan inovasi yang unik dan kreatif sekaligus menambah wawasan contohnya pohon kelapa ,pohon kelapa merupakan pohon yang semua bagiannya digunakan dan bahkan masyarakat tahu bahwa pohon kelapa banyak dimanfaatkan tetapi sedikit maka dari itu cobalah berinovasi .
__________________________

7. Jelaskan perkembangan ekonomi kreatif di daerah kalian!
Jawab:
Berawal dari gebrakan di Inggris, ekonomi atau industri kreatif kini banyak diadopsi negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Dengan komposisi jumlah penduduk usia muda sekitar 43 persen (sekitar 103 juta orang), Indonesia memiliki basis sumber daya manusia cukup banyak bagi pengembangan ekonomi kreatif. Industri Kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian.

Ada 14 subsektor industri kreatif di Indonesia berdasarkan pemetaan industri kreatif yang telah dilakukan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia, yakni periklanan; arsitektur; pasar barang seni; kerajinan; desain; fesyen; video, film dan fotografi; permainan interaktif; musik; seni pertunjukan; penerbitan dan percetakan; layanan komputer dan peranti lunak; televisi dan radio; serta riset dan pengembangan. Pertumbuhan ekspor industri kreatif tahun 2006-2009 tercatat 2,9 persen. Berikut mengapa ekonomi kreatif sangat dibutuhkan dalam persaingan global dan kontribusi kepada perekonomian nasional.

Salah satu aspek terpenting dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia adalah penciptaan wirausahawan kreatif. Karena para wirausahawan inilah yang akan berperan penting dalam pengembangan ekonomi kreatif. Saat ini, Indonesia belum masuk kedalam kelompok negara industri maju di dunia karena masih banyak aspek yang menjadi persoalan dalam mengembangkan sektor industri nasional. Salah satunya adalah masih minimnya pelaku usaha atau pengusaha pada sektor ekonomi terutama ekonomi kreatif. Ini bisa dilihat dari jumlah pengusaha di Indonesia baru sebanyak 440 ribu pengusaha atau sekitar 0,2 % dari total penduduk Indonesia. Bandingkan dengan negara-negara industri maju seperti Amerika Serikat (20%), Jepang (18%), Inggris (18%), Singapura (10%), China (5%) dan India (5%). Berikut tabel tren pertumbuhan dan kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian Indonesia.

Melihat perkembangan aktivitas kreatif yang semakin marak digulirkan di berbagai wilayah disertai dengan semakin antusiasnya berbagai kota dan daerah untuk menjadi kota kreatif turut mengindikasikan bahwa ekonomi kreatif telah mengambil peran dalam aktifitas perekonomian nasional. Setiap daerah/wilayah pada umumnya memiliki potensi produk yang bisa diangkat dan dikembangkan. Keunikan atau kekhasan produk lokal itulah yang mesti menjadi intinya lalu ditambah unsur kreativitas dengan sentuhan teknologi. Berikut merupakan diagram penyebaran kontribusi dari 14 sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Berdasarkan data yang didapat bahwa kontribusi dari 14 sub sektor industri kreatif didominasi oleh Fesyen sebesar 43,02% dan kerajinan sebesar 25,12% diikuti dengan Periklanan (7,18%), Musik (5,30%) dan Penerbitan Dan Percetakan (4,86%). Ekonomi kreatif diyakini mampu menjawab tantangan permasalahan dasar jangka pendek dan menengah nasional, yaitu: (1) tingginya kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional (rata-rata 7,28% per tahun); (2) penyerapan tenaga kerja di tengah tingginya pengangguran (7,75%), dan (3) peran aktif dalam perdagangan internasional.
__________________________

8. Berikan contoh keunggulan ekonomi yang ada di daerahmu!
Jawab:
- terjadinya proses ekspor dan impor yang luas
- kaya akan hasil laut
- SDA yang melimpah (wilayah hutan yang sangat luas)
- budayanya yang ssngat menarik
__________________________

9. Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi?
Jawab:
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  • Meningkatkan jumlah pengusaha
  • Membuka lapangan kerja baru
  • Meningkatkan investasi
  • Menggenjot nilai ekspor
  • Perbaikan infrastruktur
__________________________

10. Jelaskan manfaat dari pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan kalian!
Jawab:
Manfaat dari pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan adalah dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Karena dengan adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi dapat membuka lapangan pekerjaan baru selain itu dapat menghasilkan produk-produk yang berjual nilai tinggi dan memiliki kualitas ekspor sehingga dapat meningkatkan devisa negara. Tidak hanya itu, dengan memiliki pusat keunggulan ekonomi diharapkan seluruh kebutuhan hidup rakyat Indonesia dapat  tercukupi.  
__________________________