Monday, November 5, 2018

Jawaban PG Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 8 Halaman 190 (Keragaman Sosial Budaya)

Uji Kompetensi Tema 4 (BAB 4)
Tema IV: Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional
Halaman 190
A. Pilihan Ganda (PG)
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas 8 (VIII) SMP/MTS
Semester 2 K13



1. Dalam pembangunan nasional perlu dibangun interaksi sosial budaya yang bersifat akulturasi seperti...
a. Memadukan dua tarian daerah sehingga muncul tarian baru yang menunjukkan unsur-unsur kedua tarian.
b. Melakukan perkawinan antar masyarakat yang memiliki perbedaan budaya.
c. Mencampur dua ajaran agama sehingga melahirkan agama baru yang mengandung ajaran kedua agama.
d. Melakukan komunikasi antara ketua adat untuk membahas kemajuan pendidikan budaya.

2. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Mengikuti kegiatan ibadah agama lain.
2) Mendirikan pos antar umat beragama untuk membantu korban bencana.
3) Menghadiri dalam setiap kegiatan ibadah agama yang berbeda.
4) Membentuk organisasi lintas agama untuk kepentingan sosial.
5) Melaksanakan pertemuan antar tokoh agama.
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan peran kelembagaan agama dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional adalah ...
a. 1, 2, dan 3.
b. 1, 3, dan 4.
c. 3, 4, dan 5.
d. 2, 4, dan 5.

3. Usaha mengelola perbedaan budaya dalam pembangunan nasional yang tidak tepat dilakukan adalah...
a. Menyeragamkan bahasa yang digunakan masyarakat dalam satu provinsi.
b. Melaksanakan festival kebudayaan daerah untuk menarik wisatawan asing.
c. Memberi kesempatan masyarakat yang berbeda budaya mempelajari tarian di sekolah.
d. Menyerap kosakata bahasa daerah dalam Bahasa Indonesia.

BACA JUGA:
Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 8 Halaman 191 (Keragaman Sosial Budaya)

4. Golongan muda menuntut kemerdekaan Indonesia lepas dari segala pengaruh Jepang dengan alasan seperti...
a. Rakyat sudah sangat rindu akan kemerdekaan.
b. Kemerdekaan Indonesia harus diperoleh dengan radikal.
c. Sikap Jepang di Indonesia yang sudah sangat menyengsarakan.
d. Kemerdekaan Indonesia menjadi hak Indonesia sendiri.

5. Berikut ini yang merupakan perubahan yang paling menguntungkan Indonesia pada masa penjajahan adalah...
a. Memadukan dua tarian daerah sehingga muncul tarian baru yang menunjukkan unsur-unsur kedua tarian.
b. Pengenalan teknologi jaringan transportasi.
c. Pemerataan pendidikan di berbagai kota di Indonesia.
d. Kesempatan memperoleh jabatan di berbagai bidang pekerja