Uji Kompetensi Bab 4 / IV (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi)
Halaman 283
A. Pilihan Ganda (PG)
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas 9 / IX SMP/MTS
Kurikulum 2013 (K13)
A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu ...
a. proklamasi kemerdekaan seizin Jepang
b. Soekarno-Hatta menjadi aman
c. dibuatnya naskah proklamasi kemerdekaan
d. disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
2. Setelah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia harus berhadapan dengan … .
a. Jepang dan Inggris
b. Jepang, Belanda, dan Sekutu
c. Jepang dan Belanda
d. Jepang, Prancis, dan Belanda
3. Kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena….
a. membantu pasukan Jepang
b. mengubah pemerintahan RI
c. membawa pasukan NICA
d. melucuti tentara Jepang
4. Pada tanggal 23 Maret 1946 Sekutu mengeluarkan ultimatum di Bandung yang isinya…
a. agar rakyat Bandung membantu Sekutu melucuti senjata tentara Jepang
b. agar rakyat Bandung yang memiliki senjata menyerahkan diri kepada Belanda
c. agar TRI mengosongkan kota Bandung
d. agar rakyat membakar kota Bandung
5. Penyebab pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah ....
a. adanya bentrokan antara pejuang Surabaya dengan pasukan Belanda
b. Inggris terang-terangan membantu NICA
c. Belanda melakukan provokasi terhadap pejuang Surabaya
d. tewasnya Brigjen. A. W. S. Mallaby
6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
a) Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura. Belanda sudah harus meninggalkan daerah de facto paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
b) Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk Republik Indonesia Serikat (RIS), salah satu bagiannya adalah Republik Indonesia.
c) RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda yang diketuai oleh Ratu Belanda.
Pernyataan di atas merupakan hasil perundingan…
a. Linggarjati
b. Renville
c. Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar
7. Penyerahan kedaulatan Indonesia dilaksanakan setelah berlangsung . . . .
a. Perundingan Linggarjati
b. Perundingan Renville
c. Perundingan Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar
8. Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah ....
a. membentuk KNIL
b. menerapkan blokade ekonomi
c. melakukan Agresi Militer
d. membentuk negara-negara boneka
9. Pada masa demokrasi parlementer, pembangunan nasional tidak dapat dilaksanakan sebab…
a. adanya tuntutan dari kalangan ABRI untuk mengganti presiden
b. para pemimpin partai saling berebut kekuasaan untuk kepentingan partainya
c. timbulnya demonstrasi-demonstrasi di berbagai daerah
d. adanya kesenjangan sosial di kalangan masyarakat
10. Perhatikan kabinet-kabinet berikut!
(a) Kabinet Natsir
(b) Kabinet Sultan Hamengku Buwono IX
(c) Kabinet Sukiman
(d) Kabinet Burhanudin Harahap
(e) Kabinet Dwikora
(f) Kabinet Pembangunan
Beberapa kabinet yang terbentuk pada masa demokrasi parlementer adalah ….
a. Kabinet (a),(c), dan (d)
b. Kabinet (a), (b), dan (e)
c. Kabinet (c), (d), dan (e)
d. Kabinet (d), (e), dan (f)
Klik dibawah ini untuk melihat jawaban esainya:
Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 9 Halaman 285
Halaman 283
A. Pilihan Ganda (PG)
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas 9 / IX SMP/MTS
Kurikulum 2013 (K13)
A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu ...
a. proklamasi kemerdekaan seizin Jepang
b. Soekarno-Hatta menjadi aman
c. dibuatnya naskah proklamasi kemerdekaan
d. disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
2. Setelah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia harus berhadapan dengan … .
a. Jepang dan Inggris
b. Jepang, Belanda, dan Sekutu
c. Jepang dan Belanda
d. Jepang, Prancis, dan Belanda
3. Kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena….
a. membantu pasukan Jepang
b. mengubah pemerintahan RI
c. membawa pasukan NICA
d. melucuti tentara Jepang
4. Pada tanggal 23 Maret 1946 Sekutu mengeluarkan ultimatum di Bandung yang isinya…
a. agar rakyat Bandung membantu Sekutu melucuti senjata tentara Jepang
b. agar rakyat Bandung yang memiliki senjata menyerahkan diri kepada Belanda
c. agar TRI mengosongkan kota Bandung
d. agar rakyat membakar kota Bandung
5. Penyebab pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah ....
a. adanya bentrokan antara pejuang Surabaya dengan pasukan Belanda
b. Inggris terang-terangan membantu NICA
c. Belanda melakukan provokasi terhadap pejuang Surabaya
d. tewasnya Brigjen. A. W. S. Mallaby
6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
a) Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura. Belanda sudah harus meninggalkan daerah de facto paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
b) Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk Republik Indonesia Serikat (RIS), salah satu bagiannya adalah Republik Indonesia.
c) RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda yang diketuai oleh Ratu Belanda.
Pernyataan di atas merupakan hasil perundingan…
a. Linggarjati
b. Renville
c. Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar
7. Penyerahan kedaulatan Indonesia dilaksanakan setelah berlangsung . . . .
a. Perundingan Linggarjati
b. Perundingan Renville
c. Perundingan Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar
8. Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah ....
a. membentuk KNIL
b. menerapkan blokade ekonomi
c. melakukan Agresi Militer
d. membentuk negara-negara boneka
9. Pada masa demokrasi parlementer, pembangunan nasional tidak dapat dilaksanakan sebab…
a. adanya tuntutan dari kalangan ABRI untuk mengganti presiden
b. para pemimpin partai saling berebut kekuasaan untuk kepentingan partainya
c. timbulnya demonstrasi-demonstrasi di berbagai daerah
d. adanya kesenjangan sosial di kalangan masyarakat
10. Perhatikan kabinet-kabinet berikut!
(a) Kabinet Natsir
(b) Kabinet Sultan Hamengku Buwono IX
(c) Kabinet Sukiman
(d) Kabinet Burhanudin Harahap
(e) Kabinet Dwikora
(f) Kabinet Pembangunan
Beberapa kabinet yang terbentuk pada masa demokrasi parlementer adalah ….
a. Kabinet (a),(c), dan (d)
b. Kabinet (a), (b), dan (e)
c. Kabinet (c), (d), dan (e)
d. Kabinet (d), (e), dan (f)
Klik dibawah ini untuk melihat jawaban esainya:
Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 9 Halaman 285