Saturday, August 4, 2018

Jawaban Uji Kompetensi PPKn Bab 4 Kelas IX Halaman 101

BAB 4 Berbudi Pekerti Luhur Sesuai dengan Pancasila
Uji Kompetensi Bab 4
Halaman 101
SMP
Kelas IX
Semester 1
Jawaban Uji Kompetensi PPKn Bab 4 Kelas IX Halaman 101

1. Jelaskan makna bertutur kata sesuai nilai Pancasila
Jawab:
Makna dari bertutur kata sesuai dengan nilai nilai pancasila artinya dalam berkehidupan sehari hari baik dari perbuatan,perkataan Dan tutur kata hendaknya harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila
2. Jelaskan makna bersikap sesuai nilai Pancasila
Jawab:
Makna Bersikap Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila :=> Bersikap positif terhadap Pancasila merupakan sikap yang baik dan mendukung terhadap nilai-nilai Pancasila serta berupaya melestarikan dan mempertahankannya.(Sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila terdapat dalam 45 butir Pancasila)


3. Jelaskan makna berperilaku sesuai nilai Pancasila
Jawab:
Makna berperilaku sesuai dengan nilai pancasila adalah menaati dan melakukan didalam kehidupan sehari-hari nilai2 yg terkandung dalam Setiap butir2 pancasila.

4. Mengapa dalam bertutur kata harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun
Jawab:
bertutur kata harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun Karena dapat menciptakan perdamaian dan komunikasi yang baik, dan terkesan lebih ramah sehingga orang-orang akan menghormati kita dan perkataan yang sopan dan santun tidak akan menyinggung perasaan orang lain
5. Mengapa dalam bertutur kata harus sesuai dengan norma yang berlaku?
Jawab:
jika tidak sesuai dengan norma yang berlaku, masyarakat yang berada disitu akan merasa aneh terhadap anda karena anda bertutur kata yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

Baca Juga: Jawaban Uji Kompetensi Bab 5 PPKn Kelas 9 Halaman 121

6. Apa manfaatnya bertutur kata yang baik
Jawab:
Manfaat bertutur kata yang baik dapat menjaga hubungan dengan baik terhadap oran lain dan Kita dihormati orang lain, serta orang lain akan bertutur baik pula pada kita.
7. Jelaskan akibat bertutur kata tidak sesuai nilai Pancasila bagi diri sendiri dan dan orang lain?
Jawab:
akibat bertutur kata tidak sesuai nilai Pancasila bagi diri sendiri dan dan orang lain adalah kita akan dijauhi oleh orang lain dan tidak akan ada yang mau membantu kita saat kita sedang kesusahan, serta bagi orang lain akan merasa tersinggung dan sakit hati dengan kita bertutur kata yang tidak baik

8. Benarkah bangsa Indonesia dikenal oleh bangsa lain sebagai bangsa yang ramah dan bertutur kata sopan dan santun? Berikan alasanmu.
Jawab:
benar karena dahulu Indonesia dikenal dengan budaya timurnya yang sopan santun, beradab, serta gotong royongnya yang dikagumi bangsa lain.